Senin, 25 November 2013

Universitas Terbaik di Indonesia

Universitas Terbaik di Indonesia

Berikut beberapa univesitas terbaik di Indonesia tahun 2013, baik swasta maupun negeri.

  • Universitas Diponegoro (UNDIP) - Peringkat Dunia : 1455
Universitas yang lebih dikenal dengan singkatan UNDIP ini merupakan Perguruan Tinggi yang terletak di Jawa Tengah, Indonesia, dan didirikan pada tahun 1956 sebagai Perguruan Tinggi Swasta hingga pada tahun 1961 mendapatkan status sebagai Perguruan Tinggi Negeri. Memiliki berbagai fakultas seperti Hukum, Ekonomi, Kedokteran, Teknik, Ilmu Budaya, Kesehatan Masyarakat, Sains dan Matematika, Ilmu Sosial dan Politik, Peternakan dan Pertanian, Perikanan dan Kelautan, dan Psikologi.

  • Universitas Airlangga (UNAIR) - Peringkat Dunia : 1404
Universitas Airlangga, dikenal juga sebagai UA atau UNAIR, merupakan perguruan tinggi negeri yang berletakkan di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Berdiri pada tanggal 10 November 1954, bertepatan dengan Hari Pahlawan. Universitas ini memiliki tujuan untuk menjadi universitas mandiri, inovatif dan terkemuka dalam berbagai bidang pengetahuan, teknologi, kemanusiaan dan seni sesuai dengan moral agama.

  • Universitas Kristen Petra (UK Petra) - Peringkat Dunia : 1360
Berdiri sjeak tahun 1961, UK Petra atau Universitas Kristen Petra telah memiliki mahasiswa sekitar 10 ribu orang dari berbagai daerah di Indonesia. Universitas ini memiliki berbagai Fakultas seperti Sastra, Teknik Sipil dan Perencanaan, Teknologi Industri, Ekonomi, Seni dan Desain, dan Ilmu Komunikasi. Terletak di Siwalankerto, Surabaya.

  • Institut Pertanian Bogor (IPB) - Peringkat Dunia : 1290
Sesuai namanya, perguruan tinggi ini merupakan perguruan tinggi pertanian negeri yang terletak di Bogor. Pada awalnya merupakan bagian dari Universitas Indonesia (UI) dan akhirnya melepaskan diri pada tahun 1963. Pada Februari 2013 ini, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) memutuskan bahwa PIB mendapatkan status akreditasi peringkat A dengan nilai 375.

  • Universitas Brawijaya (UB) - Peringkat Dunia : 1254
UB, UNBRA, UNIBRAW atau Universitas Brawijaya merupakan universitas negeri yang didirikan pada tahun 1963 dengan berbagai program pendidikan seperti Diploma, Sarjana, Magister, dan Doktor. Kampus UB berada di Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia.

  • Universitas Gunadarma (UG) - Peringkat Dunia : 1165
Gundar, UG atau Universitas Gunadarmana yang kampus utamanya terletak di Depok, Jawa Barat ini merupakan perguruan tinggi swasta Indonesia yang mempelopori peguruan tinggi lainya dengan membuka program Doktor Ilmu Ekonomi pada tahun 2011.

  • Universitas Padjadjaran (UNPAD) - Peringkat Dunia : 1084
UNPAD atau lengkapnya Universitas Padjadjaran merupakan perguruan tinggi negeri di Bandung, Jawa Barat, Indonesia, yang memiliki dua kampus utama di Dipati Ukur dan Sumedang. Tapi selain dua kampus utama ini, UNPAD sendiri memiliki kampus-kampus lain yang tersebar di Kota Bandung bertotalkan lebih dari 12 unit. Didirikan pada tahun 1957 oleh Presiden RI Soekarno.

  • Universitas Indonesia (UI) - Peringkat Dunia : 653
Universitas yang kampus-kampusnya terletak di Utara Depok, Jawa Barat dan Jakarta Pusat ini adalah salah satu lembaga pendidikan terdepan dan bergengsi di Indonesia. Hal itu sudah diketahui secara umum dimana ia bersama dengan Universitas Gajah Mada (UGM) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) merupakan tiga (3) perguruan tinggi papan atas di Indonesia.

  • Universitas Gajah Mada (UGM) - Peringkat Dunia : 640
Merupakan Universitas negeri tertua di Indonesia yang didirikan pada tahun 1949. Terletak di Yogyakarta dan sama halnya sebagai universitas negeri tertua, Universitas ini juga merupakan Universitas pertama yang didirikan oleh Pemerintah RI (Republik Indonesia) setelah Indonesia Merdeka.

  • Institut Teknologi Bandung (ITB) - Peringkat Dunia : 600
Institut Teknologi Bandung atau singkatnya lebih kita kenal dengan nama ITB merupakan perguruan tinggi negeri yang terletak di Kota Bandung. Resmi berdiri pada tahun 1959. ITB adalah perguruan tinggi negeri di Indonesia yang memiliki akreditasi ABET dari Amerika Serikat. Dengan fasilitas-fasilitas seperti perumahan dosen, laboratorium, bengkel, studio, galeri dan fasilitas olah raga.


Sumber : http://www.tahupedia.com

0 komentar:

Posting Komentar