Jumat, 15 Juli 2016

Tips Memilih Jurusan di SMA

Tips Memilih Jurusan di SMA

Mungkin banyak diantara kita, yang akan kebingungan ketika dihadapkan untuk memilih jurusan study IPA atau IPS. Apalagi kurikulum baru tahun 2013 mengharuskan para murid SMA kelas X yang baru masuk untuk langsung memilih jurusannya.

Dari mitos(?) yang beredar banyak orang yang berpendapat bahwa jurusan IPS itu madesu   alias masa depan suram!!!! hmmm kejam banget yah yang bilang begitu :v (Mereka kan bukan Tuhan)  karena katanya kalau kita mengambil jurusan yang satu ini kita akan sulit mendapatkan pekerjaan di masa yang akan datang. Loh loh, mereka kok berani menyimpulkan seperti itu yah? Sekarang saya mau tanya deh. Politikus, Pengacara, Hakim, PNS, Bisnisman, Pegawai Bank, Akuntan, Ekonom, Psikolog (dan masih banyak pekerjaan yang lain) itu masuknya jurusan apa? IPS kan? Jadi gak ada kata madesu lah! Semua tergantung diri kita, dan takdir Allah S.W.T. Jadi saya tekankan sekali lagi kelas IPS tuh bukan kelas madesu, bukan kelas buangan!

Bagaimana dengan kelas IPA? Mungkin kebanyak orang juga menilai bahwa kebanyakan orang-orang yang masuk jurusan ini merupakan orang yang pandai dan cenderung ke pelajaran eksyak (Hitungan). Akan tetapi mereka para eksyak belum tentu pula bisa menguasai pelajaran yang lain. Karena Allah menciptakan bakat orang itu berbeda beda, ingat manusia itu tidak ada yang sempurna guys! Kalau kita mengambil jurusan ini pekerjaan yang mungkin akan dijalani di masa yang akan datang mugkin adalah dokter, perawat, farmasi, bidan/mantri, arsitek, tekhnik dll.Mungkin banyak juga yang bilang bahwa jurusan IPA itu lebih luas jangkauan jurusan mata kuliah serta pekerjaannya bila dibandingkan dengan jurusan IPS. Tapi lagi-lagi tidak begitu juga. Karena ada jurusan IPA/IPS yang mengharuskan orang-orang yang mengambil study tersebut saja yang bisa masuk, tapi ada juga yang tidak.

Nah yang terakhir, tips jikalau kita galau memilih jurusan IPA/IPS : 
  • Kenali bakat, kemampuan, potensi yang ada dalam diri kalian. Karena soal kemampuan, hanya diri kalian sendiri yang lebih tahu
  • Jangan pilih jurusan berdasarkan gengsi dan hanya ikut teman-teman belaka. (Contohnya misalkan kalian milih jurusan IPA karena banyak teman kalian yang memilih jurusan tersebut, selain itu kalian juga gengsi masuk kelas IPS karena sering disebut kelas buangan)
  • Melakukan terlebih dahulu psikotest. Untuk sekedar lebih meyakinkan lagi kalian boleh melakukan psikotest. Apakah kalian lebih cenderung ke pelajaran eksyak atau non eksyak.
  • Konsultasikan terlebih dahulu kepada orang tua atau guru BK kalian. Usahakan kalian sudah mempunyai gambaran tentang keinginan dan minat kalian di masa depan. Agar nanti orang tua atau guru BK tidak akan kebingungan. 
  • Percaya Diri. Kita semua harus PD terutama untuk yang masuk jurusan IPS nih jangan karena gara-gara banyak anggapan begitu kita jadi malu dan goyah.
  • Yang terakhir sunnah bagi orang yang beragama Islam. Sholat istikharah, meminta petunjuk kepada Allah, supaya pilihan yang kita ambil tidak salah dan membawa berkah.
Kalau kamu cenderung :
»  Pemikir
»  Suka dengan tantangan
»  Serius
»  Tidak mudah percaya
»  Memiliki kemampuan berhitung, imajinasi, dan abstraksi yang tinggi
IPA is a good choice.
Kalau kamu cenderung :
»  Pede, nggak malu untuk tampil
»  Banyak ngomong
»  Mudah bergaul
»  Punya rasa sosial yang tinggi
»  Daya ingat tinggi, cepat mengahafal atau mengingat sesuatu
IPS is a good choice.

0 komentar:

Posting Komentar