Terowongan Terpanjang di Indonesia
- Terowongan Wilhelmina Atau Trowongan Sumber ( 1208 m )
Trowongan wilhelmina yang di bangun pada zaman penjajahan belanda dan di
resmikan pada tanggal 1 juni 1921,Terowongan ini memiliki panjang
sekitar 1208 m,Terowongan ini yang dulu menghubungkan
Banjar-Cijulang,Kini keberadaanya sangat memprihatinkan dengan rel
kereta yang hilang serta muka terowongan yang tidak terurus di rambati
akar semak belukar,Semakin hilang pamor dari bangunan bersejarah maupun
aset wisata,Yang seharusnya kita pertahankan bahkan lebih di kembangkan
untuk tujuan wisata jika itu tidak di manfaatkan sebagai jalur kereta
aktip
- Terowongan Sasak Saat ( 949 m )
Terowongan sasaksaat merupakan terowongan jalur kereta api yang di
bangun oleh SS ( Staatsspoorwagen )Antara tahun 1902-1903.Bangunan
hikmat 503 ini berada di jalur purwakarta-Padalarang di Km 143-144
antara stasiun sasaksaat dan stasiun maswati,Membelah perbukitan
cipedong di kampung sasaksaat desa sumur bandung kec.cipatat kab.bandung
barat.Di dalam terowongan sepanjang 949m ini terdapat 35 sleko terdiri
dari 17 sleko kiri dan 18 sleko kanan dari arah stasiun
sasaksaat,Terowongan yang terdapat di daerah Operasi II bandung
merupakan terowongan kereta api yang padat lalu lintas,Setiap harinya
ada 44 kereta api yng melintas secara reguler,Jalur yang lengkung ketika
akan memasuki terowongan baik dari sasaksaat dan stasiun maswati maka
jalan relnyadi beri rel paksa ( gongsol ).Banyaknya kereta api yang
melintas memerlukan penjagaan khusus sehingga di kedua ujung terowongan
terdapa gardu jaga JPT ( Juru Jaga Terowongan )
-
Terowongan Sawah Lunto ( 835 m )
Terowongan ini di beri nama sawah lunto yang terletak di antara stasiun
muara klaban dan sawahlunto di sumatra barat,Trowongan ini memiliki
panjang 835 m di kenal juga dengan sebutan lubang kalam.
-
Terowongan Eka Bakti Karya ( 760 m )
Terowongan ini terletak di sumber pucung-MALANG,5 km setelah stasiun
sumber pucung,Terowongan ini memiliki panjang sekitar 760 m dan juga
terdapat terowongan dwi bakti karya dengan panjang 400 m di sebelah
terowongan ini terdapat bendungan Ir.Sutami.
-
Trowongan Mrawan ( 690 m )
Terowongan Marwan ini terletak di sebelah barat stasiun marwan -
kalibaru di banyuwangi.Panjang terowongan ini sekitar690 m di di bangun
pada tahun 1901
-
Terowongan Lampegan ( 687 m )
Terowongan ini terletak di kec.cibeber perbatasan ci anjur dan
kab.sukabumi,Pada tanggal 8 feb 2001 terongan ini runtuh namun saat ini
terowongan ini suda di renovasi,Yang memiliki panjang sekitar 687 m.
-
Terowongan kupitan ( 600 m )
Terowongan ini berada di wilayah DRIVE II Sumbar antara muara kalaban
dan padang sibusuak,Terowongan ini memiliki panjang sekitar 600 m.
Terowongan ini terletak di rowokele-Kebumen.Terowongan ini di bangun di
jaman belanda pada tahun 1885-1886,Dengan sistem kerja paksa,Terowongan
ini banyak menelan jiwa yng memiliki panjang 580 m.
-
Terowongan Tebing Tinggi ( 424 m )
Terowongan ini terletak di talang banyu desa tanjung kupang kec. tebing
tinggi sumatra selatan,Terowongan yang masih aktip ini memiliki panjang
sekitar 424 m.
-
Terowongan Gunung Gajah ( 368 m )
Terowonga gunung gajah uni termasuk di wilayah DRIVE III Sumsel dan
terletak di antara stasiun lahat dan stasiun bunga mas,Panjang
terowongan ini sekitar 368 m.
Sumber : http://ercire.blogspot.com
makasih hehe asik dapat ilmu nih dari agan yang baik hati ini :D tampilan blog agan keren banget kalau boleh tau apa nama templatenya :) kasih tau dong...
BalasHapusJOIN SITE -> WWW.CYBERPWK.COM Cara Hack & Mengetahui Password Facebook Terbaru
Terimakasih, semoga bermanfaat..
HapusNanti saya carikan nama templatenya ya kak